pengertian dan peranan osis

PENGERTIAN DAN PERANAN OSIS
Dalam upaya mengenal, memahami dan mengelola Organisasi Intra Sekolah (OSIS) 
perlu penjelasan mengenai pengertian dan peranan tentang Organisasi Siswa Intra 
Sekolah (OSIS). Dengan pengertian dan peranan yang jelas akan membantu para 
Pembina,
pengurus dan perwakilan kelas untuk mendayagunakan OSIS ini sesuai dengan 
fungsinya.
A. Pengertian, OSIS, meliputi:
1. Secara Sematis
Di dalam Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah 
Nomor 226/C/Kep/0/1993 disebutkan bahwa organisasi kesiswaan 
di sekolah adalah OSIS. Kepanjangan OSIS terdiri dari, organisasi, siswa, 
intra, sekolah:
Masing-masing mempunyai pengertian:
a. Organisasi
Secara umum adalah kelompok kerjasama antara pribadi yang diadakan 
untuk  mencapai tujuan bersama. Organisasi dalam hal ini dimaksudkan 
satuan atau kelompok kerjasama para siswa yang dibentuk dalam usaha 
untuk mencapai tujuan bersama, yaitu mendukung terwujudnya pembinaan 
kesiswaan.
b. Siswa
adalah peserta didik pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar 
dan menengah.
c. Intra
adalah berarti terletak didalam dan di antara. Sehingga OSIS berarti 
suatu organisasi
siswa yang ada di dalam dan di lingkungan sekolah yang bersangkutan.
d. Sekolah
adalah satuan pendidikan tempat menyelenggarakan kegiatan belajar 
mengajar secara
berjenjang dan bersinambungan.
1. Secara Organisasi
OSIS adalah satu-satunya wadah organisasi siswa yang sah di sekolah.
Oleh karena itu setiap sekolah wajib membentuk Organisasi Siswa Intra 
Sekolah (OSIS), yang tidak mempunyai hubungan organisatoris dengan 
OSIS di sekolah lain dan tidak  menjadi bagian / alat dari organisasi lain 
yang ada di luar sekolah.
2. Secara fungsional
Dalam rangka pelaksanaan kebijaksanaan pendidikan khususnya di bidang 
pembinaan kesiswaan arti yang terkandung lebih jauh dalam pengertian 
OSIS adalah  sebagai salah satu dari empat jalur pembinaan kesiswaan, 
di samping ketiga jalur  yang lain yaitu : Latihan Kepemimpinan, 
Ekstrakurikuler dan Wawasan Wiyatamandala.
3. Secara Sistem
Apabila OSIS dipandang suatu sistem, berarti OSIS sebagai tempat kehidupan  
berkelompok siswa bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. 
Dalam hal ini OSIS dipandang sebagai sistem, dimana sekumpulan para siswa 
mengadakan koordinasi dalam upaya menciptakan suatu organisasi yang 
mengadakan   koordinasi dalam upaya menciptakan suatu organisasi yang 
mampu mencapai tujuan.
Oleh karena OSIS sebagai suatu sistem ditandai beberapa ciri pokok:
a. berorientasi pada tujuan.
b. memiliki susunan kehidupan kelompok
c. memiliki sejumlah peranan.
d. terkoordinasi dan
e. berkelanjutan dalam waktu tertentu.
B. Peranan
Salah satu ciri pokok suatu organisasi ialah memiliki berbagai macam
fungsi dan peranan. Demikianlah pada OSIS sebagai suatu organisasi 
memiliki pola  beberapa peranan atau fungsi dalam mencapai tujuan.
Sebagai suatu organisasi perlu pula memperhatikan faktor-faktor 
yang sangat berperan, agar OSIS sebagai organisasi tetap hidup 
dalam arti tetap memiliki kemampuan beradaptasi antar siswa atau 
lingkungan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar